Welcome to my blog, hope you enjoy reading
RSS

welcome

welcome

Jumat, 13 September 2019

Resensi Buku Pembelajaran Teknologi Informasi di Perguruan Tinggi : Perspektif dan Pengalaman



Judul Buku            : Pembelajaran Teknologi Informasi di Perguruan Tinggi : Perspektif dan Pengalaman
Pengarang Buku    : Fathul Wahid dan Teduh Dirgahayu
Penerbit Buku        : Graha Ilmu
Kota Terbit            : Yogyakarta
Cetakan                  : Pertama, 2012
Tebal Buku            : 246 halaman
ISBN                      : 978-979-756-820-7
Resensi Buku         :

SINOPSIS BUKU
Buku yang diberi judul Pembelajaran Teknologi Informasi di Perguruan Tinggi : Perspektif dan Pengalaman ini merupakan ikhtiar kolektif Jurusan Teknik Informasi, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia untuk mendokumentasikan beragam perspektif dosen dalam memandang aktivitas akademik dan berbagai metode pembelajaran yang akan sudah diimplementasikan.

Di dalam buku ini, berisi 20 tulisan yang ditulis oleh 19 dosen dengan beragam latar belakang personal, kampus tempat belajar, bidang minat, pengalaman, dan perspektif. Keragaman ini sengaja dikedepankan karena tidak ada satu dosen pun yang berhak secara otoritatif menentukan bagaimana dosen lain memandang sesuatu atau menajalankan proses pembelajaran selama didasari dengan argumentasi yang jelas dan kuat dan masih berada dalam koridor umum yang sudah disepakati bersama. Keragaman ini dapat menciptakan sikap saling menghargai perbedaan dengan membuka berbagai kritik dan saran yang membangun.

Buku ini dikelompokkan menjadi dua tema besar, yaitu (a)Pembelajaran dalam Perspektif dan (b)Pengalaman dari Impkementasi Beragam Metode Pembelajaran. Tema pertama berisi tentang tulisan yang berisikan perspektif terhadap beragam masalah akademik, termasuk minat dan motivasi mahasiswa, konsep peran dosen, sampai dengan pandangan terhadap proses pembelajran. Dan tema yang kedua berisikan tulisan yang melaporkan pengalaman aplikasi beragam metode pembelajaran untuk berbagai mata kuliah.

KELEBIHAN BUKU
Buku ini dapat memberikan pencerahan di tengah-tengah gersangnya diskursus seputar teknik mengintegrasikan teknologi informasi dalam konteks penyelenggaraan proses belajar mengajar karena keseluruhan pemikiran dan pengalaman para dosen yang bagus. Topik demi topik disampaikan dengan cara elegan dan runtut sehingga membuat pembaca tenggelam dalam topik yang dibahas tersebut. Sampul buku ini lumayan menarik karena berwarna dan terdapat sedikit sinopsis buku di cover belakang buku tersebut yang akan memudahkan pembaca untuk memahami keseluruhan isi yang disampaikan di buku tersebut.buku ini juga terdapat tabel perincian detail yang memudahkan pembaca memahaminya.

KELEMAHAN BUKU
Banyak istilah asing yang sulit diterima oleh pembaca dan pembaca akan sulit mengerti. Isi dari buku ini tidak berwarna yang membuat pembaca agak bosan dalam membaca isi. Isi dalam buku ini juga terlalu bertele-tele sehingga pembaca sering merasa bosan dan langsung membaca kesimpulan isi buku per materi.




sumber : 
http://library.uny.ac.id/sirkulasi/index.php?p=show_detail&id=42601

0 komentar:

Posting Komentar

Jumat, 13 September 2019

Resensi Buku Pembelajaran Teknologi Informasi di Perguruan Tinggi : Perspektif dan Pengalaman



Judul Buku            : Pembelajaran Teknologi Informasi di Perguruan Tinggi : Perspektif dan Pengalaman
Pengarang Buku    : Fathul Wahid dan Teduh Dirgahayu
Penerbit Buku        : Graha Ilmu
Kota Terbit            : Yogyakarta
Cetakan                  : Pertama, 2012
Tebal Buku            : 246 halaman
ISBN                      : 978-979-756-820-7
Resensi Buku         :

SINOPSIS BUKU
Buku yang diberi judul Pembelajaran Teknologi Informasi di Perguruan Tinggi : Perspektif dan Pengalaman ini merupakan ikhtiar kolektif Jurusan Teknik Informasi, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia untuk mendokumentasikan beragam perspektif dosen dalam memandang aktivitas akademik dan berbagai metode pembelajaran yang akan sudah diimplementasikan.

Di dalam buku ini, berisi 20 tulisan yang ditulis oleh 19 dosen dengan beragam latar belakang personal, kampus tempat belajar, bidang minat, pengalaman, dan perspektif. Keragaman ini sengaja dikedepankan karena tidak ada satu dosen pun yang berhak secara otoritatif menentukan bagaimana dosen lain memandang sesuatu atau menajalankan proses pembelajaran selama didasari dengan argumentasi yang jelas dan kuat dan masih berada dalam koridor umum yang sudah disepakati bersama. Keragaman ini dapat menciptakan sikap saling menghargai perbedaan dengan membuka berbagai kritik dan saran yang membangun.

Buku ini dikelompokkan menjadi dua tema besar, yaitu (a)Pembelajaran dalam Perspektif dan (b)Pengalaman dari Impkementasi Beragam Metode Pembelajaran. Tema pertama berisi tentang tulisan yang berisikan perspektif terhadap beragam masalah akademik, termasuk minat dan motivasi mahasiswa, konsep peran dosen, sampai dengan pandangan terhadap proses pembelajran. Dan tema yang kedua berisikan tulisan yang melaporkan pengalaman aplikasi beragam metode pembelajaran untuk berbagai mata kuliah.

KELEBIHAN BUKU
Buku ini dapat memberikan pencerahan di tengah-tengah gersangnya diskursus seputar teknik mengintegrasikan teknologi informasi dalam konteks penyelenggaraan proses belajar mengajar karena keseluruhan pemikiran dan pengalaman para dosen yang bagus. Topik demi topik disampaikan dengan cara elegan dan runtut sehingga membuat pembaca tenggelam dalam topik yang dibahas tersebut. Sampul buku ini lumayan menarik karena berwarna dan terdapat sedikit sinopsis buku di cover belakang buku tersebut yang akan memudahkan pembaca untuk memahami keseluruhan isi yang disampaikan di buku tersebut.buku ini juga terdapat tabel perincian detail yang memudahkan pembaca memahaminya.

KELEMAHAN BUKU
Banyak istilah asing yang sulit diterima oleh pembaca dan pembaca akan sulit mengerti. Isi dari buku ini tidak berwarna yang membuat pembaca agak bosan dalam membaca isi. Isi dalam buku ini juga terlalu bertele-tele sehingga pembaca sering merasa bosan dan langsung membaca kesimpulan isi buku per materi.




sumber : 
http://library.uny.ac.id/sirkulasi/index.php?p=show_detail&id=42601

Tidak ada komentar:

Posting Komentar